Arsip Blog

Minggu, 21 Maret 2010

Sudahkah Aku & Anda Bersaksi (syahadat)

شَهِدَ اللّهُ أَنَّهُ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ وَالْمَلاَئِكَةُ وَأُوْلُواْ الْعِلْمِ قَآئِمَاً بِالْقِسْطِ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ   
3.18. Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.


Pribadi Rasulullah itu seperti Al Quran yang sedang berjalan ( Aisyah r.a )

سَنُرِيهِمْ آيَاتِنَا فِي الْآفَاقِ وَفِي أَنفُسِهِمْ حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُ الْحَقُّ أَوَلَمْ يَكْفِ بِرَبِّكَ أَنَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ شَهِيدٌ   
41.53. Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al Qur'an itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?

أَلَا إِنَّهُمْ فِي مِرْيَةٍ مِّن لِّقَاء رَبِّهِمْ أَلَا إِنَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ مُّحِيطٌ   
41.54. Ingatlah bahwa sesungguhnya mereka adalah dalam keraguan tentang pertemuan dengan Tuhan mereka. Ingatlah bahwa sesungguhnya Dia Maha Meliputi segala sesuatu.
Mempersaksikan pada konteks syahadat bukan sebagai sosok Muhammad sebagai figur ! Tapi mempersaksikan Muhammad sebagai keilmuan dalam wujud Al Quran lah yang mampu diaplikasikan merujuk pada kata saksi dalam kalimat syahadat.

Jika ada tambahan dari rekan2 sekalian mohon pencerahan apa yang dimaksud bersaksi bahwa Muhammad itu utusan Allah dan bagaimana membuktikannya.

Catatan ini bertujuan agar dalam bersaksi akan syahadat jangan sampai malah menjadi saksi palsu yang tak dapat membuktikan keberadaan dari apa yang dipersaksikan ! Mari kita sebelum masuk pembahasan akan sunnah dan hadits kenali dulu apa yang sebenar-benarnya haq sumber dari segala perawian sunnah dan hadits !

pengikut - perawi (belum tentu hidup semasa)-> Rasulullah -> Al Quran -> Allah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar